BRIN Puji Ganjar-Mahfud Usung Program Satu Keluarga Satu Sarjana

Jumat, 19 Januari 2024 14:44 WIB

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka – Peneliti Bidang Ketenagakerjaan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Triyono menyatakan pendidikan merupakan jalan terang untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

“Kalau bicara pendidikan, untuk memutus rantai kelas sosial. Kalau berkiblat ke negara maju, pendidikan berpengaruh meningkatkan taraf hidup,” kata Triyono, Jumat (19/1/2024).

Menurutnya, pendidikan adalah jalan terang untuk membuka pengetahuan dan berkreasi. Sehingga nantinya bisa berwiraswasta.

“Bicara pendidikan bukan hanya pendidikan semata, tapi bagaimana menciptakan kewirausahaan yang akibatnya meningkatkan kreasi, menghadirkan pengusaha-pengusaha, dan mereka menciptakan lapangan pekerjaan,” jelas Triyono.

Selain membuka peluang wiraswasta, diakui Triyono, tenaga kerja yang memegang gelar sarjana dan memiliki keterampilan merupakan modal berharga untuk terjun ke dunia kerja.

“Kita berbicara di hubungan industrial, ada daya tawar posisi ketika kita memiliki keterampilan dan pendidikan bahasa, dan meningkatkan daya tawar,” imbuh Triyono.

Maka dari itu, sebut dia, agar kian kompetitif, kesempatan mengenyam pendidikan tinggi perlu didorong dan difasilitasi oleh Pemerintah.

“Kemudian di-mix lah, pendidikan yang bagus, keterampilan, kemampuan bahasa dan IT,” jelasnya.

Diketahui, pasangan Capres-Cawapres 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengusung program Satu Keluarga Satu Sarjana jika terpilih di Pilpres 2024 mendatang. Program ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan memeratakan pembangunan ekonomi, khususnya di pedesaan.https://kamusgakjelas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*