Jalin Komunikasi Efektif Dengan BPK, BNPT Optimis Raih Opini WTP

Jumat, 19 Januari 2024 16:26 WIB

Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka – Inspektur Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Catur Imam Pratignyo mengimbau jajaran BNPT untuk menjalin komunikasi yang efektif dengan tim pemeriksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hal ini untuk memastikan kelancaran tugas tim pemeriksa keuangan pada Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Tahun Anggaran 2023.

“Seluruh jajaran BNPT harus menjalin komunikasi yang efektif dengan tim pemeriksa BPK, membantu kelancaran tugas tim pemeriksa dengan cara menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan,” kata Catur, saat menghadiri Entry Meeting Pemeriksaan LKKL Tahun 2023 di Lingkungan AKN I di Auditorium BPK, Jakarta, seperti dikutip website BNPT, Jumat (19/1/2024).

Kepada masing-masing unit kerja di BNPT, Catur juga meminta penuntasan administrasi dan pertanggungjawaban keuangan sekaligus menindaklanjuti Wasrik Laporan Keuangan tahun sebelumnya.

“Hal lain yang juga penting adalah menuntaskan administrasi dan pertanggungjawaban keuangan masing-masing unit kerja, serta menindaklanjuti secara tuntas rekomendasi yang ada dari Wasrik Laporan Keuangan tahun sebelumnya,” ingatnya.

Catur optimis, BNPT bakal mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian alias WTP di Laporan Keuangan Tahun 2023.

“Kalau langkah-langkah memberikan data dan informasi, administrasi dan pertanggungjawaban keuangan tersebut sudah kita lakukan, kita boleh optimis untuk tetap mendapatkan kualitas opini yang baik dari BPK RI,” ungkap Catur.

Sementara Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I BPK Nyoman Adhi Suryadnyana menjelaskan, salah satu tujuan pemeriksaan pengelolaan keuangan negara merupakan tugas negara yang diemban BPK, dalam rangka mewujudkan praktik good governance di kementrian/lembaga.

“Dalam mewujudkan praktik good good governance, pengelolaan keuangan negara harus berjalan dengan baik,” katanya. 

Ia menerangkan, dalam pemeriksaan keuangan ini BPK menerapkan filosofi sapu lidi dengan empat tujuan tertentu yaitu kompak bergerak bersama tujuan negara, efektif efisien dan memiliki impact.

“Keempat tujuan tersebut memiliki 4 values yaitu ikatan, kesetaraan, bersih dan evaluasi,” papar Nyoman.https://gitarisgila.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*