Memori HP Penuh? Ini 6 Cara Pindahkan File Dengan Dan Tanpa Kabel Data

Jumat, 19 Januari 2024 12:35 WIB

Ilustrasi transfer file dengan dan tanpa kabel data. (Foto: Unsplash/Campaign Creators)
Ilustrasi transfer file dengan dan tanpa kabel data. (Foto: Unsplash/Campaign Creators)

RM.id  Rakyat Merdeka – Anda mungkin saja memiliki banyak foto atau gambar di ponsel pintar atau tablet Anda, dan karena keterbatasan penyimpanan data di kedua jenis perangkat mobile ini, maka Anda harus memindahkannya ke PC Anda.

Tapi bagaimana cara melakukan hal ini?

Tentu ada sejumlah opsi yang bisa Anda pilih seperti melalui kabel, perangkat lunak berbasis cloud, dan bahkan dengan aplikasi yang dapat Anda unduh dengan mudah dan gratis seperti ShareIt.

Ya memang, mentransfer file-file dari mobile ke PC tidak akan sulit, bahkan prosesnya juga cukup cepat dan dapat dilakukan kapan saja. Sekarang, Anda bisa dengan mudah mentransfer foto-foto kesayangan Anda di aplikasi GbWhatsapp ke dalam PC Anda jika penyimpanan mobile Anda sudah penuh dan melebih kapasitas.

Berikut ini beberapa cara mentransfer atau memindahkan berbagai file Anda dari ponsel atau tablet ke PC Anda:

1. Mentransfer file dengan transfer file Bluetooth

Apakah fitur Bluetooth dapat diaktifkan di PC Anda? Mungkin Anda memiliki dongle USB Bluetooth, atau perangkat Anda memiliki Bluetooh bawaan di PC atau laptop Anda. Nah, mengirimkan data melalui transfer file Bluetooth dari perangkat mobile ke PC adalah sebuah opsi yang baik, khususnya untuk jenis file yang berukuran lebih kecil.

Anda hanya perlu menghidupkan fitur Bluetooth, baik yang ada di ponsel maupun PC Anda, dan lakukan pairing (pemasangan). Jika sudah, akan ada instruksi  lainnya yang muncul yang dapat Anda ikuti dengan mudah.

2. Mentransfer file dengan menggunakan sebuah aplikasi

Sudah ada cukup banyak app yang dibuat untuk memudahkan transfer file, baik dari ponsel ke PC, maupun sebaliknya. aplikasi shareit adalah salah satu contoh paling populer yang banyak digunakan oleh pengguna Indonesia saat ini, sebab selain mudah dalam proses instalasinya, ShareIt juga bisa digunakan dalam keadaan offline dan online.  

Anda hanya cukup mengunduh aplikasi pilihan Anda di Google Playstore /Apple Store untuk penggunaan mobile atau di website resminya untuk penggunaan Windows PC.

3. Mentransfer file dengan menggunakan kabel USB

Cara ketiga ini pasti sudah tidak asing di telinga Anda, yaitu mentransfer file melalui kabel USB. Ya, jika Anda memiliki kabel data USB yang kompatibel, maka ini adalah opsi transfer tercepat yang dapat Anda pertimbangkan.

Anda hanya cukup menyambungkan kabel USB itu, baik ke PC Anda maupun ke ponsel Anda. Maka segera akan muncul instruksi berikutnya seperti notifikasi akses izin yang perlu Anda ketuk untuk menyelesaikan proses transfer berikutnya.

4. Mentransfer file dengan menggunakan kartu SD

Metode dasar lainnya yang layak Anda coba adalah dengan menyalin data ke kartu microSD ponsel Anda. Ini tentu merupakan suatu opsi yang berguna saat Anda tidak memiliki kabel USD dan prosesnya juga cukup simpel. Selain microSD, Anda juga perlu sebuah adaptor microSD dan sebuah card reader.

Salin saja file-file yang ingin Anda transfer ke kartu SD ponsel Anda, lalu matikan perangkat. Setelah itu, keluarkan kartu dan masukkan ke card reader PC untuk melihat data. Ini adalah sebuah proses transfer file yang juga simpel dan cepat.

5. Transfer file melalui penyimpanan cloud

Dengan adanya layanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive, maka kamu sebenarnya telah mentransfer data ke komputer Anda tanpa mengetahuinya.

Sebagai contoh Dropbox dan Google Drive, keduanya menawarkan unggah kamera otomatis. Jika Anda memiliki klien layanan cloud yang terinstal di komputer Anda, maka foto-foto akan secara otomatis tersinkron ke PC Anda.

Fitur yang sama juga tersedia dengan layanan cloud yang lain. Anda dapat menyalin data apa pun ke folder cloud pada perangkat mobile Anda dan melakukan sinkronisasi dengan Windows.

6. Mentransfer file dengan menggunakan email

Email adalah metode pertama kali yang paling banyak digunakan untuk mentransfer data antar perangkat dan tetap menjadi sebuah opsi yang baik untuk banyak orang. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melampirkan data ke sebuah email pada ponsel Anda dan mengirimkannya untuk diri Anda sendiri.

Lalu di PC Anda, silakan akses ke pesan itu, dan Anda tentu dapat mengunduh file yang baru saja dikirimkan melalui ponsel Anda.https://sukaati.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*