Untuk Gamers Sejati! Segini Kecepatan Internet Untuk Game Dan Cara Mengeceknya

Jumat, 19 Januari 2024 12:16 WIB

Ilustrasi game online. (Foto: Unsplash/Sean Do)
Ilustrasi game online. (Foto: Unsplash/Sean Do)

RM.id  Rakyat Merdeka – Bagi para pemain game online, kecepatan internet tentu sangat berpengaruh terhadap performa suatu game. Ya, kecepatan koneksi ini akan menciptakan perbedaan besar pada pengalaman bermain game Anda, apakah Anda suka bermain Fornite, Valorant, League of Legends, dan lain sebagainya. 

Saya yakin Anda akan merasa jengkel dengan kecepatan internet yang kurang baik, apalagi saat bermain game-game online yang memerlukan internet yang lebih cepat. Karena itu ada baiknya Anda melakukan Cek kecepatan internet untuk mengetahui seberapa cepatkah internet di rumah Anda saat hendak bermain game online. 

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui bahwa kecepatan internet 10-25 Mbps untuk mengunduh  (download) dan 5-10 Mbps untuk mengunggah (upload) akan cocok dengan sebagian besar kebutuhan game online.

Sebenarnya, kecepatan internet yang direkomendasikan untuk bermain game akan tergantung pada sejumlah faktor, seperti jenis game, platform, dan seberapa banyak pemain yang terlibat.

Namun, jika Anda seorang pemain game atau streamer sejati, Anda dapat saja akan berinvestasi pada kecepatan yang lebih tinggi untuk memastikan pengalaman bermain game yang paling baik. Dan jika Anda menggunakan layanan internet Indihome di rumah Anda untuk bermain game dan lain sebagainya, maka Anda dapat mengecek kecepatan koneksi internet Anda dengan menggunakan Speedtest IndiHome

Adapun kecepatan koneksi internet minimal untuk bermain game adalah:

  • Kecepatan mengunduh – 3 Mbps
  • Kecepatan mengunggah – 0.5 – 1 Mbps
  • Nilai ping – Kurang dari 150 ms

Sementara itu, kecepatan koneksi internet yang direkomendasikan untuk bermain game adalah:

  • Kecepatan mengunduh – 15 – 25 Mbps
  • Kecepatan mengunggah – 5 Mbps
  • Nilai ping – Kurang dari 50 ms

Penjelasan Kecepatan Unduh, Kecepatan Unggah, dan Tingkat Ping

Kelancaran bermain game online Anda bergantung pada bandwidth internet Anda, yang menunjukkan jumlah data maksimum yang bisa Anda unduh dan unggah pada pada waktu tertentu. Dapat dikatakan bandwidth mengukur seberapa banyak data yang dapat ditangani oleh koneksi internet Anda, yang dikalkulasi dalam Mbps. 

Adapun tingkat ping atau latensi, diukur dalam ms. Ini menunjukkan seberapa lama yang diperlukan paket data untuk ditempuh dari sumbernya, seperti konsol Anda, ke tujuan, yaitu server game, dan kembali lagi (konsol Anda). Dengan kata lain, nilai ping menunjukkan seberapa cepat aksi Anda muncul di layar. Jika nilai ping Anda adalah 27 milidetik, maka ini artinya diperlukan 27 milidetik bagi karakter Anda untuk menembak pada game setelah Anda menekan tombol mouse. 

Baca juga : Dubes RI Di Brunei Buka Pemeriksaan Kesehatan Gratis Untuk Pekerja Migran

Jadi jika Anda hobi bermain game-game berat seperti League of Legends, Fortnite atau PUBG Lite, maka tingkat ping yang lebih rendah akan diperlukan. Di sisi lain, saat ping Anda sangat tinggi, maka kebanyakan game online akan mendaftarkan gerakan pemain lain terlebih dahulu. Ini berarti  karakter game Anda mungkin terkena tembakan di kepala sebelum memiliki kesempatan untuk bereaksi. 

Biasanya ping yang kurang dari 50 ms adalah sangat baik dan direkomendasikan untuk para pemain game sejati, sementara tingkat ping mulai dari 150 ms hingga ke atas, sangat buruk untuk bermain game. 

Berapa Kecepatan Internet Yang Ideal untuk Berbagai Perangkat Game?

Kecepatan yang Anda perlukan untuk bermain game tergantung pada perangkat Anda dan persyaratan sistem minimum. Sebagai contoh, koneksi internet yang bagus untuk PS4/PS5 mungkin saja tidak cukup untuk sebuah PC. Dan berikut ini adalah beberapa rekomendasi kecepatan unduh Mbps minimum untuk konsol populer:

  • PC Gaming, mulai dari 3 hingga 6 Mbps
  • PlayStation,  5 Mbps
  • Xbox One, 3 Mbps
  • Nintendo Switch, 2 Mbpshttps://nutriapel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*